MAKALAH
JENIS-JENIS PASAR DAN KARAKTERISTIK PRODUK PERTANIAN
           



  
NAMA  :  SILVESTER YULIANUS EKO SILI
NIM      : 142380045



ROGRAM STUDI PENYULUHAN PERTANIAN LAHAN KERING
JURUSAN MANAJEMEN PERTANIAN LAHAN KERING
POLITEKNIK PERTANIAN NEGERI KUPANG
2016


BAB I
PENDAHULUAN


A.      LATAR BELAKANG
Ilmu ekonomi adalah salah satu bidang yang senantiasa ada dan menyertai kehidupan manusia. Dalam pasar ilmu ekonomi dikenal berbagai macam pasar, baik yang pada prakteknya sering dilihat dalam kenyataan sehari-hari maupun yang hanya dikenal secara absolut dalam teori. Macam pasar yang umumnya banyak dipraktekkan adalah monopoli, oligopoli dan pasar persaingan bebas. sekarang ini, dari kita banyak yang tidak mengetahui tentang pasar monopoli, oligopoli, dan persaingan bebas. baik dari pengertiannya, cirri-cirinya, bahkan sampai ke dampak yang diakibatkan oleh ketiga pasar tersebut. Sebenarnya kegiatan pasar tersebut baik monopoli, oligopoli, maupun persaingan bebas itu sendiri bisa kita jumpai di berbagai negara yang menganut sistem tersebut. Tentunya kegiatan dari sistem yang di pilih oleh negara itu sendiri juga berpengaruh pada perekonomian suatu negara tersebut.
Pada pasar ini kekuatan permintaan dan kekuatan penawaran dapat bergerak secara leluasa. Ada pun harga yang terbentuk benar-benar mencerminkan keinginan produsen dan konsumen. Permintaan mencerminkan keinginan konsumen, sementara penawaran mencerminkan keinginan produsen atau penjual. Bentuk pasar persaingan murni terdapat terutama dalam bidang produksi dan perdagangan hasil-hasil pertanian seperti beras, terigu, kopra, dan minyak kelapa. Bentuk pasar ini terdapat pula perdagangan kecil dan penyelenggaraan jasa-jasa yang tidak memerlukan keahlian istimewa (pertukangan, kerajinan).

B.       TUJUAN
Adapun tujuan pembuatan makalah ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis pasar beserta kekurangan dan kelebihannya serta karakteristik dari produk pertanian.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1 PENGERTIAN PASAR
Pasar dalam arti sempit adalah tempat bertemunya penjual dan pembeli melakukan transaksi barang dan jasa. Pasar dalam arti luas adalah tempat bertemunya permintaan dan penawaran sehingga terjadi kesepakatan.
Pasar adalah salah satu dari berbagai sistem, institusi, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang. Barang dan jasa yang dijual menggunakan alat pembayaran yang sah seperti uang fiat. Kegiatan ini merupakan bagian dari perekonomian. Ini adalah pengaturan yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk item pertukaran. Persaingan sangat penting dalam pasar, dan memisahkan pasar dari perdagangan. Dua orang mungkin melakukan perdagangan, tetapi dibutuhkan setidaknya tiga orang untuk memiliki pasar, sehingga ada persaingan pada setidaknya satu dari dua belah pihak. Pasar bervariasi dalam ukuran, jangkauan, skala geografis, lokasi jenis dan berbagai komunitas manusia, serta jenis barang dan jasa yang diperdagangkan. Beberapa contoh termasuk pasar petani lokal yang diadakan di alun-alun kota atau tempat parkir, pusat perbelanjaan dan pusat perbelanjaan, mata uang internasional dan pasar komoditas, hukum menciptakan pasar seperti untuk izin polusi, dan pasar ilegal seperti pasar untuk obat-obatan terlarang.
Dalam ilmu ekonomi mainstream, konsep pasar adalah setiap struktur yang memungkinkan pembeli dan penjual untuk menukar jenis barang, jasa dan informasi. Pertukaran barang atau jasa untuk uang adalah transaksi. Pasar peserta terdiri dari semua pembeli dan penjual yang baik yang memengaruhi harga nya. Pengaruh ini merupakan studi utama ekonomi dan telah melahirkan beberapa teori dan model tentang kekuatan pasar dasar penawaran dan permintaan. Ada dua peran di pasar, pembeli dan penjual. Pasar memfasilitasi perdagangan dan memungkinkan distribusi dan alokasi sumber daya dalam masyarakat. Pasar mengizinkan semua item yang diperdagangkan untuk dievaluasi dan harga. Sebuah pasar muncul lebih atau kurang spontan atau sengaja dibangun oleh interaksi manusia untuk memungkinkan pertukaran hak (lih. kepemilikan) jasa dan barang.

2.2 JENIS-JENIS PASAR
Secara garis besar, pasar dapat dikelompokkan menjadi enam macam, yaitu: pasar menurut jenis barang yang diperjualbelikan, waktu bertemunya penjual dan pembeli, luas kegiatan distribusi, fisik pasar serta menurut bentuk dan strukturnya. Berikut ini akan kita bahas macam-macam pasar tersebut.

1.      Pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang penjual dan pembelinya tidak dapat mempengaruhi harga, sehingga harga pasar benar-benar hasil interaksi keduanya.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna:
1)      Banyak penjual dan banyak pembeli
2)      Barang dan jasa yang dijual homogen
3)      Penjual dan pembeli mengetahui harga dan keadaan pasar
4)      Kemudahan dan kebebasan untuk keluar-masuk pasar
Kelebihan pasar persaingan sempurna:
1)      Menghasilkan harga barang yang logis
2)      Terjadi persaingan sehat antar produsen
Kekurangan pasar persaingan sempurna:
1)      Berkurangnya pilihan karena barang bersifat homogen
2)      Berkurangnya inovasi produsen karena barang bersifat homogen
3)      Biaya produksi dalam persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
4)      Distribusi pendapatan tidak selalu merata
Contoh pasar persaingan sempurna misalnya pasar beras dan pasar sayur-mayur.
  
2.      Pasar monopoli
Pasar monopoli adalah pasar yang dikuasai oleh satu penjual.
Ciri-ciri pasar monopoli:
1)      Satu penjual dan banyak pembeli
2)      Tidak ada produsen lain yang memproduksi barang substitusi
3)      Pembeli tidak punya pilihan lain
4)      Keuntungan terpusat pada satu produsen
5)      Harga ditentukan produsen
6)      Diatur oleh pemerintah dan UU
Kelebihan pasar monopoli:
1)      Keuntungan yang didapat produsen tinggi
2)      Melindungi barang dan jasa yang menguasai hajat hidup dari produsen yang semena-mena
Kekurangan pasar monopoli:
1)      Tidak dapat dimasuki karena diatur pemerintah dan UU
2)      Pembeli tidak punya barang substitusi atau pilihan lain
3)      Keuntungan terpusat di satu produsen
4)      Dapat terjadi eksploitasi pembeli dengan permainan harga
Contoh pasar monopoli antara lain adalah monopoli listrik, monopoli bahan bakar.

3.      Pasar oligopoly
Pasar oligopoli adalah pasar yang dikuasai oleh beberapa penjual saja.
Ciri-ciri pasar oligopoli:
1)      Hanya beberapa penjual dan banyak pembeli
2)      Barang dan jasa yang dijual cenderung homogen dengan sedikit inovasi
3)      Produsen baru dapat masuk ke pasar walau sulit
4)      Penjual dapat mengandalikan harga
5)      Adanya persaingan ketat antar produsen

Kelebihan pasar oligopoli:
1)      Penjual dapat mengendalikan harga
2)      Perang harga antar produsen dapat menimbulkan keuntungan bagi konsumen
Kekurangan pasar oligopoli:
1)      Adanya persaingan ketat antar produsen
2)      Sering terjadi perang harga
3)      Butuh investasi besar untuk masuk ke dalam pasar
4)      Dapat terjadi kartel atau kerjasama antar produsen yang menghasilkan pasar monopoli
Contoh pasar oligopoli adalah pasar kartu perdana ponsel, pasar mobil, pasar motor, pasar semen, dan lain-lain.

4.      Pasar monopolistic
Pasar monopolistik adalah pasar yang mendekati pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli.
Ciri-ciri pasar monopolistik:
1)      Banyak penjual namun tidak sebanyak pasar persaingan sempurna
2)      Penjual dapat mengendalikan harga
3)      Barang dan jasa yang dijual heterogen
4)      Adanya persaingan ketat antar produsen
Kelebihan pasar monopolistik:
1)      Produsen dapat memperoleh keuntungan lebih besar
2)      Memacu inovasi dan kreativitas produsen
3)      Pembeli tidak mudah berpindah produk
Kekurangan pasar monopolistik:
1)      Adanya persaingan ketat antar produsen
2)      Biaya untuk memasuki dan menguasai pasar monopolistik mahal (iklan, promosi, uji kualitas produk)
Contoh pasar monopolistik adalah pasar ponsel dan smartphone, pasar komputer, pasar koran, pasar shampoo, pasar makanan ringan, dan lain-lain.

2.3 KARAKTERISTIK PRODUK PERTANIAN

a)      Voluminous and bulky
1)      Perlu ruang dan biaya penyimpanan yang relatif besar
2)      Biaya pengangkutan mahal
3)      Harga produk relatif sangat kecil dibandingkan dengan volumenya
4)      Biaya total pemasarannya sering kali jauh lebih besar secara proporsional dibandingkan dengan biaya produksinya

b)     Penawaran produknya relatif kecil
1)      Secara perorangan petani pada umumnya merupakan suplier kecil yang tidak memiliki posisi tawar dalam menentukan harga.
2)      Penetapan harga umumnya dikuasai oleh pelaku pasar lain

c)      Mudah rusak/ perishable
1)      Produk hasil pertanian dikenal tidak tahan lama dan sangat mudah rusak.
2)      Sebab
·         Rendahnya kualitas penanganan pasca panen
·         Kandungan air yang relatif tinggi
·         Faktor-faktor lain yang lekat dengan karakteristik    biologis dan fisiologis produk agronomi itu sendiri.

d)     Ketidakseragaman
            Kualitas produk cenderung tidak seragam (ukuran, kematangan, dll)

e)      Ketergantungan pada alam
1)      Seluruh aspek alamiah memberikan pengaruh yang signifikan terhadap produk hasil pertanian
2)      Produk tertentu hanya dapat ditanam pada kondisi alam tertentu dan dipanen hanya di musim-musim tertentu.
3)      Perubahan kondisi alam di luar kecenderungan alamiahnya akan berakibat pada kegagalan panen
4)      Produksi terpusat di daerah tertentu  distribusi
  
f)       Bersifat musiman
1)      Ketersediaan produk hasil pertanian bersifat musiman
·         Saat panen produk tersedia di pasar dalam jumlah melimpah sebaliknya sebelum dan sesudah saat panen terjadi kelangkaan pasokan di pasar
2)      Menciptakan struktur harga pasar yang tidak menguntungkan bagi produk hasil pertanian
·         Hukum permintaan dan penawaran (harga turun bila terjadi kelebihan pasokan dan harga naik bila terjadi kekurangan pasokan produk di pasaran).

g)      Memiliki banyak produk substitusi
1)      Produk hasil pertanian bersifat substitusi satu sama lain.
2)      Kebutuhan akan satu jenis produk hasil pertanian jika tidak tersedia maka dapat digantikan dengan jenis produk agronomi yang lain

h)     Produk hasil pertanian dapat sebagai produk yang langsung dikonsumsi maupun sebagai input produksi





  

BAB III
PENUTUP

3.1 KESIMPULAN
1)      Ada beberapa jenis pasar diantaranya:
         Pasar persaingan sempurna
         Pasar monopoli
         Pasar oligopoli dan
         Pasar monopolistik
2)      Karakteristik produk pertanian:
         Voluminous and bulky
         Penawaran produknya relatif kecil
         Mudah rusak/ perishable
         Ketidak seragaman
         Ketergantungan pada alam
         Bersifat musiman
         Memiliki banyak produk substitusi
         Produk hasil pertanian dapat sebagai produk yang langsung dikonsumsi maupun sebagai input produksi




  



DAFTAR PUSTAKA

Boediono. 1982. Ekonomi Mikro, Seri Sinopsis. Yogyakarta: BPFE.

Ditjen Perkebunan. 1999. Statistik Perkebunan, Berbagai Komoditas Perkebunan.

Putong, Iskandar. 2000. Pengantar Ekonomi Mikro & Makro. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Murni, Asfia. 2013. Ekonomika Mikro. Edisi Kedua. Bandung: Pt Refika Aditama



http://www.crayonpedia.org/mw/BAB_9._PASAR.

Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN PROGRAM DAN PROGRAMA PENYULUHAN