"WAI BEROGHON" AIR BERSEJARAH DI DESA LAMAWARA, KECAMATAN ILEAPE, KABUPAT...

"WAI BEROGHON" AIR BERSEJARAH DI DESA LAMAWARA, KECAMATAN ILEAPE, 
KABUPATEN LEMBATA, NTT


  


     Neher dan Wai beroghon
Neher dan Wai beroghon meruopakan satu kesatuan karena kedua peninggalan budaya ini berada pada satu tempat.
Neher adalah pantai yang menjadi tempat persinggahan para nelayan ketika kembali melaut. Selain itu neher juga bisa disebut bloe matan lau dai/ paintu gerbang dari arah barat, sehinga orang baru yang dating ke desa melalui jalur laut akan diterima/ disambut secara adat di tempat tersebut.
Wai beroghon dijuluki masyarakat sebagai air kehidupan, karena sumber air ini merupakan sumber air pertama yang menyuplai kebutuhan akan air di desa lamawara dan desa- desa tetangga seperti bungamuda, amakaka dan napasabok. Wai beroghon sebelumnya dikenal dengan wai ulu, namun karena keuniknannya dimana untuk memperoleh air tersebut masyarakat harus menuruni tangga/ bioko kemudian masuk kedalam gua dalam keadaan jongkok baru bisa mendapatkan air kurang lebih 1 m. Dengan kondisi yang ada maka masyarakat lalu menamainya wai beroghon. Wai beroghon berasal dari kata wai yang artinya air, dan beroghon yang artinya jangkok. Jadi wai beroghon artinya air yang hanya bisa diperoleh dalam posisi jongkok.  Selain itu wai berghon juga diyakini masyarakat dapat menyembukan masyarakat dari penyakit gatal-gatal.
Disekitar wai beroghn dapat juga anda temukan beberapa komponen pelengkap seperti bingnan / tempat untuk menampung air pada saat mandi yang merupakan kulitt kerang yang berukuran besar, nerha yaitu penggayung yang terbuat dari daun lontar dan juga permainan rakyat yang dinamakan kemoti. 



Comments

Popular posts from this blog

PERBEDAAN PROGRAM DAN PROGRAMA PENYULUHAN